DPRKPLH Ciamis Prioritaskan Verifikasi IPAL Klinik-Klinik di Ciamis Selatan

DPRKPLH Ciamis Prioritaskan Verifikasi IPAL Klinik-Klinik di Ciamis Selatan

Mediacyberbhayangkara.Com

Ciamis, Jabar — Perwakilan Aliansi Masyarakat Selatan menyampaikan kepada Dinas PRKPLH Ciamis terkait dengan peraturan tekhnis atau izin vertek bagi pelaku usaha klinik yang ada diwilayah Ciamis Selatan.

“Apa yang disampaikan diterima langsung oleh jajaran dari Dinas (DPRK PLH), mudah-mudahan ini tidak hanya di Ciamis Selatan namun seluruh kabupaten yang di Kabupaten Ciamis,” Kata Roby kepada awak media, Selasa (14/5/2023).

Salah satu dari poinnya yaitu, mengenai dengan IPAL yang dampak pada lingkungan sekitar, yang mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Namun, Dinas LH akan memprioritaskan cross-check secara menyeluruh di Kabupaten Ciamis khususnya wilayah Ciamis Selatan.

“Harapannya, setelah kami beraudensi di Dinas LH menjadikan sebuah perubahan untuk para pelaku usaha klinik, agar mentaati peraturan dan tidak mencemari lingkungan,” harapnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DPRK PLH) Kabupaten Ciamis Okta Jabal menjelaskan, kedatangannya untuk bersilaturahmi sekaligus memberi masukan pada Dinas LH berkaitan dengan pelaku usaha tentang tata cara pengolahan air limbah, khususnya dalam kategori pelaku usaha klinik.

Terkait menyampaikan yang berkaitan dengan instalasi pengolahan air limbah cair di klinik, ada empat kecamatan yang berada wilayah Ciamis Selatan yaitu Banjarsari, Banjar Anyar, Purwodadi, dan Lakbok.

“Kami menyampaikan sesuai dengan PP No. 22 Tahun 2001 tentang penyelenggaraan pengolahan lingkungan hidup termasuk juga teknik dan melalui PP Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 2021,” tambahnya.

Surat pernyataan pengolahan limbahnya dukungan dan disampaikan ketika pengajuan pendirinya klinik dimaksud melalui DMPTSP menelaah dari sisi dokumen SPM tersebut.

Manfaat dari pertemuan tersebut untuk meningkatkan kinerja kami dalam sistem pembinaan edukasi terhadap pengolahan limbah yang baik.***

Jurnalis: Heni Nurhaeni

Tinggalkan Balasan