6 views
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Meninjau Kolam Retensi Andir

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Meninjau Kolam Retensi Andir

Mediacyberbhayangkara.com – Bandung – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Kolam Retensi Andir yang berada di Kelurahan Andir, Baleendah, Kabupaten Bandung, Kamis (22/9/2022) yang saat ini pembangunannya telah selesai 100% dan sudah memberikan manfaat dalam penanggulangan banjir Sungai Citarum sesuai rencana.

Selain Kolam Retensi Andir, juga telah diselesaikan empat polder, yakni Polder Cipalasari-1, Polder Cipalasari-2, Polder Cijambe, dan Polder Cisangkuy.

Menteri Basuki mengatakan infrastruktur pengendali banjir yang sudah selesai perlu diperhatikan aspek estetika dan diperbanyak tanamannya. “Kalau sudah selesai, tolong lebih dirapikan, lansekap harus dilengkapi dengan tanaman yang indah, rindang dan produktif, seperti pohon pulai, angsana, pohon duren dan diperbanyak rumput juga,” kata Menteri Basuki.

Kolam Retensi Andir dan empat polder dibangun Kementerian PUPR bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka menanggulangi banjir musiman di Bandung Selatan. Pembangunan Kolam Retensi Andir dan empat polder ini telah memberikan manfaat mengurangi daerah genangan banjir di Kecamatan Dayeuhkolot dan Baleendah dari semula 242,6 hektare menjadi 32,3 hektare. termasuk juga menjaga jalan kabupaten dan provinsi.

H.Dode

Tinggalkan Balasan