Masyarakat Desa Darmacaang Kecewa!! Bina Wilayah di Desa Darmacaang Tanpa Dihadiri Ketua TP PKK Pj Bupati Ciamis

Masyarakat Desa Darmacaang Kecewa!! Bina Wilayah di Desa Darmacaang Tanpa Dihadiri Ketua TP PKK Pj Bupati Ciamis

Mediacyberbhayangkara.Com

Ciamis, Jabar — Antusias masyarakat sambut kedatangan rombongan Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis dalam rangka kegiatan Bina Wilayah yang dilaksanakan di Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng, Ciamis, Jawa Barat, Selasa (14/05/2024).

Kedatangan TP PKK Ciamis disambut riang dengan tarian seni budaya maayarakat Darmacaang, Tokoh Masyarakat dan Kepala Desa se Kecamatan Cikoneng.

Usai kegiatan saat diwawancarai awak media Camat Kecamatan Cikoneng Nandang menjelaskan, dengan adanya bina wilayah TP PKK Kabupaten Ciamis, Kecamatan Cikoneng, bisa lebih memaksimalkan lagi dengan TP PKK.

“Intinya dengan kegiatan ini sebagai bahan evaluasi, serta menyamakan persepsi kegiatan TP PKK di kabupaten, kecamatan serta desa,” Jelasnya.

Ketua TP PKK Pj Bupati Ciamis dalam hal ini disampaikan oleh Nyonya David Firda mengucapkan terima kasih atas sambutannya dari masyarakat Desa Darmacaang beserta para Kepala Desa se Kecamatan Cikoneng.

Dia memohon maap atas ketidak hadiran Ketua TP PKK Pj Kabupaten Ciamis karena berhalangan hadir ada tugas yang tidak bisa ditinggalkannya.

Kata Dia kepada wartawan mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan pembinaan ke setiap kecamatan yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Ciamis, yang dilaksanakan secara berkala sehingga mereka semakin memahami dan terampil dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK sebagai upaya dalam mendukung pembangunan di wilayah masing-masing.

Kegiatan dilaksanakan di Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, serta menghadirkan kader-kader PKK dari Desa lain. Serta mengadakan penilaian terhadap PKK, sejauh mana keberhasilan PKK di Desa yang ada di Kecamatan Cikoneng dan nantinya akan diajukan ke tingkat Provinsi maupun Nasional.

Kata Nyonya Dafid, PKK sendiri mempunyai 10 Program Pokok, sebagai berikut:

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
  2. Gotong Royong
  3. Pangan
  4. Sandang
  5. Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga
  6. Pendidikan dan Keterampilan
  7. Kesehatan
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup
    10 Perencanaan Sehat

Untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK tersebut, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pembinaan sampai fasilitasi, telah dilakukan oleh 4 Kelompok Kerja secara luwes dan koordinatif, yaitu:

  1. Pokja I :
    a. Bidang Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
    b. Bidang Gotong Royong
  2. Pokja II :
    a. Bidang Pendidikan dan Keterampilan
    b. Bidang Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
  3. Pokja III :
    a. Bidang Pangan
    b. Bidang Sandang
    c. Bidang Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga
  4. Pokja IV :
    a. Bidang Kesehatan
    b. Bidang Kelestarian Lingkungan Hidup
    c. Perencanaan Sehat

Sekilas mengenai PKK dan program pokok beserta pembagian pokja-pokjanya, sebagaimana uraian di atas, semoga bisa menambah wawasan kita dan mampu menambah informasi agar nanti tidak kebingungan ketika ditanya mengenai PKK.

“Kebetulan Ibu TP PKK Pj Bupati Kabupaten Ciamis tidak hadir, karena sedang mengikuti kesatuan gerak PKK tingkat Nasional di Kota Solo Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Harapan kedepnnya, menyamakan persepsi antara Kabupaten, Kecamatan, Desa dan lain-lain. Jadi tahu tujuan kita diadakan bina wilayah.

Sementara disela kegiatannya, Koko Kepala Desa Darmacaang mengapresiasi program kegiatan ini karena untuk meningkatkan kualitas terutama di bidang PKK.

“Kami ucapkan terima kasih kepada tim penilai dari Kabupaten Ciamis, juga ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan ini,” tuturnya.

Di wilayah Desa Darmacaang Alhamdulillah kegiatan bisa berjalan dengan lancar, kolaboratif, kerja sama semua pihak lembaga desa, dan masyarakat.

Kegiatan tersebut dimeriahkan pula dengan bazar produk asli Desa Darmacaang bina TP PKK Desa Darmacaang, selain untuk menonjolkan ciri khas daerah, bazar ini pula sebagai awal dalam membakar semangat kader-kader untuk berkarya.

“Kami atas nama masyarakat Desa Darmacaang sangat kecewa dengan tidak hadirnya Ibu ketua TP PKK PJ Bupati Ciamis, padahal sudah dinantikan oleh warga masyarakat, berbeda dengan Ibu TP PKK sebelumnya kendati jauh beliau selalu menyempatkan untuk hadir,” Tandasnya.***

Jurnalis: Heni Nurhaeni

Tinggalkan Balasan