KKN Unigal Bekerjasama Dengan Bakesbangpol Ciamis Gelar Pendidikan Politik Masyarakat

KKN Unigal Bekerjasama Dengan Bakesbangpol Ciamis Gelar Pendidikan Politik Masyarakat

Mediacyberbhayangkara.Com

Ciamis, Jabar – Dalam rangka memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, Kuliah Kerja Nyata(KKN) Mahasiswa Unigal Ciamis bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa Politik Ciamis menggelar kegiatan Pendidikan Politik bertempat di Gedung Olahraga Desa Payingkiran, Kecamatan, Ciamis, Kabupaten Ciams, Selasa (22/8/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, sekaligus sebagai nara sumber Kabid Poldagri Bakesbangpol Kab.Ciamis Wawan Setiawan.,S H.,M.Si, Kades Desa Panyingkiran H.Soleh beserta Aparatur Desa, Dosen pembingbing KKN Unigal Tiktiek Kurniawati, Ketua TP-PKK Desa Panyingkiran, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua Karang Taruna dan para RT se Desa Panyingkiran dan tamu undangan lainnya.

Dalam pemaparannya Kabid Poldagri Wawan Setiawan menjelaskan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa politik dianggap menjadi penyebab beberapa permasalahan bangsa, pandangan skeptis masyarakat awam terhadap politik tersebut perlu diluruskan karena sejatinya politik dalam demokrasi adalah penentu langkah masa depan bangsa, tuntutan reformasi di bidang politik telah melahirkan nuansa demokratisasi di segala bidang kehidupan, keterbukaan dan penegakan kedaulatan rakyat dan penegakan supremasi hukum politik dan demokrasi seperti dua sisi mata uang. 

Menurut Wawan, bahwa poltik memiliki nilai yang sama dan saling menguatkan, namun anggapan negatif masyarakat terhadap politik harus diperbaiki dalam hal ini, pendidikan politik menjadi penting dalam memberikan pemahaman akan sistem dan proses di dalamnya. 

Oleh sebab itu kata Wawan, tentunya kita berharap dengan pendidkan politik senantiasa menjadi dukungan moral untuk terwujudnya negara konstitusional yang mempunyai komitmen terhadap pembaharuan yang sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa, pancasila dan uud 1945, tuturnya.

Wawan menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya menyatukan pemahaman- Pemahaman masyarakat dalam rangka menjalankan proses politik dalam menghadapi pemilu di tahun 2024 mendatang dalam berdemokrasi harus tetap memperhatikan norma-norma atau kaidah yang ada, beretika dan santun, serta tetap berpegang teguh pada falsafah dan kepribadian bangsa.

“Sehingga akan terwujud suatu proses demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan dasar negara Pancasila,” tandasnya.

Sementara Dosen Pembimbing KKN Unigal Tiktiek Kurniawati SH.M.M mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan wawasan masyarakat tentang politik dan meningkatkan partisifasi masyarakat dalam pemilu dan pilkada serentak tahun 2024.

Tiktiek Kurniawati berharap, dengan diselenggarakan kegiatan pendidikan politik ini, output dan outcamnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan bermanfat baik bagi para mahasiswa yang sedang KKN maupun yang hadir pada kesempatan ini, singkatnya.

Jurnalis: Muhamad Rifa’i ***

Tinggalkan Balasan