Kilas Perjalanan Komunitas Anggur Jakarta (KAJ), Bimtek & Deklarasi KAJ Jakarta Barat

Kilas Perjalanan Komunitas Anggur Jakarta (KAJ), Bimtek & Deklarasi KAJ Jakarta Barat

Mediacyberbhayangkara.com – Jakarta – Antusias masyarakat tentang budidaya tanaman anggur sebagai kegiatan urban farming, dan pemanfaatan ruang terbatas di area perkotaan kian hari kian meningkat antusiasnya, dimana kita semua tahu bahwa buah anggur merupakan buah yang banyak mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan dan buah anggur banyak diminati karena rasanya yang nikmat dan bentuk serta warna buahnya sangat menarik. Dan yang pastinya buah anggur mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Berawal dari para penggiat budidaya dan penghobby anggur terbentuklah group – group whatapps khususnya untuk Komunitas Anggur Jakarta yang bisa disingkat dengan KAJ, jadi awal percakapan awak media dari Organisasi FWJI (Forum Wartawan Jaya Indonesia) Korwil Tangsel & komunitas NGAJI (Ngopi & Anggur Jurnalis Indonesia) dengan Ketua Umum KAJ – Yatno Gondrong di acara Bimtek bersama DKPKP Jakarta, Rabu pagi 16 Agustus 2023.

Yatno Gondrong menguraikan bahwa terbentuk resmi pada tanggal 14 Maret 2018. Pertama terbentuknya KAJ diketuai oleh Ahmad Fatoni dari Jakarta Selatan dan pada tahun kedua barulah diamanahkan dari semua anggota KAJ kepada Yanto Gondrong yaitu saya sendiri dari Kebun Imut Sinakal. Berawal dari hanya puluhan orang hingga kini telah sampai ribuan orang dalam group – group whatapps dan media sosial Facebook serta lainnya (+/- 1.200 anggota), tetapi secara resmi anggota yang telah diakui oleh KAJ sekitar 600 – 800 anggota.

Alhamdulillah dalam kepemimpinan saya sebagai Ketua KAJ saat ini telah mempunyai program pembentukan koordinator – koordinator wilayah atau Korwil untuk 6 wilayah di Jakarta dan yang sudah dibentuk resmi oleh DKPKP DKI – Jakarta yaitu Korwil Jakarta Timur, Korwil Jakarta Utara dan pada tanggal 16 Agustus 2023, hari Rabu pagi ini adalah Korwil KAJ Jakarta Barat. Dan akan menyusul secara bertahap yaitu Korwil KAJ Jakarta Pusat, KAJ Korwil Jakarta Selatan dan KAJ Korwil Kepulauan Seribu. Inilah sekilas sejarah perjalanan awal terbentuknya Komunitas Anggur Jakarta hingga saat ini, jelas Yatno Gondrong sambil memperkenalkan para rekan – rekan dari Dinas ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) untuk mengikuti acara Bimtek dan Deklarasi Pengukuhan Pengurus Korwil KAJ Jakarta Barat.

Acara Bimtek budidaya anggur diadakan atas kerjasama KAJ bersama DKPKP DKI – Jakarta yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian Kembangan, Jakarta Barat. Total peserta yang hadir mengikuti acara bimtek sebanyak 55 orang peserta dari masyakarat Jakarta Barat yang terdiri dari perwakilan beberapa komunitas & Kelompok tani yang ada di Jakarta Barat. Dan acara dimoderatori oleh staff DKPKP dan dibuka dengan sambutan Kepala DKPKP yang diwakili oleh Bapak Imam Wahyudi – Kepala Sub Koordinator pengembangan mutu dan agribisnis DKPKP & Ibu Sri Riana Hanim – Kepala Seksi Sudin KPKP Jakarta Barat. Dalam sambutannya Pak Imam Wahyudi dan Ibu Sri Riana mendorong budidaya anggur untuk lebih maju dan berkembang dimasyarakat khususnya di Jakarta Barat melihat potensial budidaya anggur bisa meningkatkan kesehatan & kesejahteraan masyarakat khusus para petani perkotaan di Jakarta Barat. Jelas hasilnya, tinggi pula nilai ekonomisnya dan pas untuk urban farming masyarakat perkotaan dengan lahan terbatas, ujar Pak Imam dan Ibu Hanim.

Narasumber bimtek budidaya anggur dibawakan oleh anggota KAJ yaitu
Lilis pujiawati dari lizz farm grapes, Marwan dari hamaris farm jakarta selatan & syahril romdhon atau arga aiel jakarta selatan. Para narasumber menjelaskan mulai dari pengenalan bibit anggur yang baik, media tanam, masa generatif dan masa vegetatif, pemupukan serta pengenalan hama dan solusinya. Dan Bimtek dilanjut dengan praktek langsung di kebun anggur Balai Penyuluhan Pertanian Sudin KPKP Jakarta Barat. Dan diakhir bimtek para narasumber memberikan no. Kontak hp / whatapps masing – masing kepada peserta yang nantinya bisa berkonsultasi secara berkelanjutan.

Acara Bimtek pun selesai dan dilanjut dengan deklarasi pengukuhan KAJ Jakarta Barat oleh Ketua Umum KAJ – Yatno Gondrong dan Ibu Sri Riana Hanim – Kepala Seksi Sudin KPKP Jakarta Barat dengan menunjuk : Pembina – Kasmin, Ketua KAJ Jakarta Barat – Ibu Lilis Pujiawati, Wakil Ketua – Agus & Saiful, Sekretaris – Mario, Bendahara – Wartoyo & Humas / Publikasi – Arianto. Sebagai tanda pengesahannya Ketua Umum KAJ – Yatno Gondrong menyerahkan atribute KAJ kepada Lilis Pujiawati sebagai Ketua KAJ Jakarta Barat yang baru dikukuhkan. Acara berakhir dengan ramah tamah, makan siang & foto bersama.

Sukirman

Tinggalkan Balasan