28 views
Kader Posyandu Multifungsi Melati 1 Cidewa Desa Dewasari Ikuti Sosialisasi Gemarikan Dari Disnakan Kabupaten Ciamis

Kader Posyandu Multifungsi Melati 1 Cidewa Desa Dewasari Ikuti Sosialisasi Gemarikan Dari Disnakan Kabupaten Ciamis

Mediacyberbhayangkara.Com

Ciamis, Jabar — Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ciamis tidak henti mengajak dan mendorong masyarakat untuk terus mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN). Kali ini Disnakan melakukan sosialisasi di Posyandu Multifungsi Melati 1 Cidewa Dusun Cidewa, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kamis (22/09/2022).

GEMARIKAN adalah program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan mulai tahun 2004 yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

Kegiatan GEMARIKAN ini akan dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan di setiap tahunnya dengan tujuan untuk meningkatkan  angka konsumsi ikan khususnya Kabupaten Ciamis.

Drs. Syarief Nurhidayat, M.Si. sebagai kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis melalui Erfan, S.Pt, MP Selaku Staf di Bidang KAIKPP Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis di Bidang KAIKPP, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk generasi bangsa yang sehat, kuat dan cerdas. Dengan budaya makan ikan sejak dini maka akan terbentuklah generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“ Melalui GEMARIKAN di harapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa. Ikan sebagai salah satu  sumber protein yang murah dibandingkan  dengan  daging, dengan segenap  keunggulannya haruslah menjadi  hidangan prioritas. Ikan dapat diolah  menjadi menu hidangan yang menarik melalui diversifikasi  olahan seperti sosis, nugget, bakso,abon ikan serta diversifikasi produk olahan berbahan ikan  harus terus dilakukan. “ 

Dalam kegiatan kali ini Erfan beserta staff lainnya memberikan 2 resep baru kepada Kader Posyandu Cidewa yaitu puding susu ikan dan bola-bola tahu ikan. Tujuan dari diberikannya resep ini tidak lain supaya anak-anak tidak bosan dengan masakan ikan yang sudah biasa dan ini juga bisa dijadikan alternatif untuk anak yang susah sekali memakan ikan.

Menurut Erfan angka konsumsi ikan untuk tahun 2020 18,86 Kg perkapita pertahun dan sekarang naik menjadi 20,01 Kg perkapita pertahun.

“Alhamdulillah dari tahun 2020 18,86 Kg perkapita pertahun dan sekarang naik menjadi 20,01 Kg perkapita pertahun, ini juga hasil upaya dari Dinas Peternakan dan Perikanan dan Forikan Kabupaten Ciamis untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Ciamis tidak sia-sia,”Ungkapnya.

” Semoga dengan bimbingan teknis ini saya harap anak-anak yang asalnya tidak menyukai ikan menjadi suka tanpa harus dipaksa orang tuanya, karna adanya variasi, karna kita coba ikan itu dimasukan komoditas-komoditas yang menarik diantaranya yaitu puding susu ikan dan bola-bola tahu ikan, dan semoga ini juga berdampak pada PMT (Pemberian Makanan Tambahan) jadi lebih bervariatif tetapi tetap berbahan dasar ikan,”Harapnya.

Sementara itu Yeni Hendriyani sebagai ketua posyandu multifungsi melati 1 Cidewa menyambut kedatangan Dinas Peternakan dan Perikanan untuk memberikan edukasi dan resep ikan yang lebih bervariasi sehingga dapat menjadikan anak yang tadinya tidak suka mengkonsumsi ikan menjadi suka.

“Kami semua Kader-kader yang ada di Posyandu sangat senang sekali, jadi kami mendapatkan ilmu lagi untuk PMT di Posyandu Cidewa ini, yang tadinya olahan ikan hanya digoreng saja, tapi sekarang kami mendapatkan resep baru,”Ucapnya.

“Kami khususnya untuk Ibu-ibu yang sekarang mengikuti kegiatan ini mengaplikasikan di rumahnya, tidak hanya dipelajari saja,”Harapnya.

Diketahui program GEMARIKAN ini akan terus disosialisasikan kepada semua masyarakat Kabupaten Ciamis.

Muhamad Rifai

Tinggalkan Balasan