Idul Qurban 1445 H: Masyarakat Desa Mangkubumi Sadananya Sembelih 17 Ekor Sapi dan 12 Ekor Domba

Idul Qurban 1445 H: Masyarakat Desa Mangkubumi Sadananya Sembelih 17 Ekor Sapi dan 12 Ekor Domba

Mediacyberbhayangkara.Com

Ciamis, Jabar — Idul Qurban merupakan perintah dari sang pencipta Allah SWT, yang harus dilaksanakan oleh orang -orang yang beriman dan telah mampu untuk melaksanakannya.

Pelaksanaan Idul Qurban mengisahkan ketaatan, kesabaran dan kesalahen dari dua orang hamba Allah yang beriman yaitu Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS.

Keduanya diuji oleh Allah SWT melalui mimpi dari seorang ayah, dimana dalam mimpi tersebut, Nabi Ibrahim harus menyembelih anak yang di cintainya.
Setelah mimpi dimusyawarahkan, kedua hamba Allah tersebut dengan ridho dan tulus melaksanakan perintah Allah yaitu untuk menyembelih Nabi Ismail.

Disaat perintah melalui mimpi tersebut sedang dilaksanakan, Allah SWT mengutus malaikat turun ke bumi, untuk memberikan informasi mengenai pembenaran mimpinya nabi Ibrahim As, dan Allah menggantikan Nabi Ismail dengan seekor Kambing atau Domba yang besar.

Dalam melaksanakan Momen Hari Raya Idul Adha 1445 H.Desa Mangkubumi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan Qurban berupa 17 ekor dan 12 ekor Domba yang tersebar di tiga Dusun.

Ketua Panitia Qurban Dusun Desa yang juga sebagai Sekdes Desa Mangkubumi Gilar Yuga Noerisman ditengah kesibukannya saat diwawancarai awak media, Selasa (17/6/2024) mengatakan.

Untuk tahun 1445 H, di Desa Mangkubumi terdapat 17 ekor Sapi dan 12 ekor Domba yang sedang melaksanakan kegiatan penyembelihan Hewan Qurban.

Jumlah tersebut kata Yuga tersebar di beberapa tempat, yaitu di DKM Nurul Iman RT 04 Dusun Leuwihalang ada 1 ekor Sapi dan 4 ekor Kambing, DKM Nurul Huda Sukasari Dusun Leuwihalang jumlah hewan qurban yaitu hewan Sapi 1 ekor, dan Kambing 1 ekor, Untuk DKM Darul Falah RT 01 Dusun Segel, hewan Sapi 2 ekor dan Kambing 2 ekor, DKM Al Falah Dusun Segel untuk hewan Sapi 4 ekor dan Kambing 1 ekor, DKM Al – Ikhlas Dusun Desa 2 ekor Sapi, DKM Baiturrohman Dusun Leuwihalang Sapi 4 ekor dan Kambing 2 ekor, DKM Nurussalam RT.05 Desa Sapi 1 ekor, untuk DKM Al Istiqomah Dusun Desa Sapi 1 ekor dan Kambing 2 ekor dan DKM Sabilul Huda RT.06 Dusun Desa hewan qurban beupa Sapi 1 ekor.

“Dari jumlah tersebut, dibanding Tahun sebelumnya lebih banyak yang melaksanakan pemotongan hewan Sapi Qurban,” terang Yuga.

Adapun di Dusun Desa yang terdiri dari 4 RT kata Yuga, pihaknya melakukan pemotongan hewan Sapi qurban sebanyak 4 ekor dan 2 ekor Domba.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini pelaksanaan penyembelihan hewan qurban pada momen Id Adha 1445 H, ada 4 ekor Sapi dan 2 Domba sedangkan tahun lalu 3 ekor Sapi,” ujar Yuga.

Dikatakan Yuga, Hewan qurban tersebut merupakan titipan dan bentuk ibadah serta pengorban dari 30 orang warga di Dusun Desa, Desa Mangkubumi.
Adapun daging hewan qurban tersebut, nantinya akan disalurkan kepada 280 orang penerima di empat RT di Dusun Desa.

“Daging hewan qurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat dilingkup Dusun Desa Desa Mangkubumi yang terdiri dari empat RT dengan jumlah
280 penerima hewan qurban,” ujar Yuga.

Dia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban kepada panitia.

“Berharap pada tahun yang akan datang masyarakat yang berada di Desa Mangkubumi hususnya di Dusun Desa, semakin banyak warga yang melaksanakan ibadah pemotongan hewan qurban,” tandasnya.***

Jurnalis: Muhamad Rifai

Tinggalkan Balasan