BPBD Kabupaten Tasikmalaya Gelar Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana 2024

BPBD Kabupaten Tasikmalaya Gelar Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana 2024

Mediacyberbhayangkara.Com

Kabupaten Tasikmalaya — BPBD Kabupaten Tasikmalaya mengadakan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana tahun 2024 yang bertempat di Aula Desa Batusumur Kecamatan Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa barat pada Kamis (20/06/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Muspika Manonjaya, para Kepala Desa se-kecamatan Manonjaya, Kepala Puskesmas Manonjaya, relawan BPBD Kecamatan, Kecamatan Manonjaya, Gunung tanjung, Jatiwaras, Cineam, Karang jaya ,dan tamu undangan.

Kepala Bidang pencegahan dan kesiapsiagaan (PK) Abdul Azis Riswandi S.Kep menjelaskan, ada 2000 relawan yang tercatat di BPBD kabupaten Tasikmalaya yang tersebar di 351 desa dan 39 kecamatan se- Kabupaten Tasikmalaya.

Selain itu, pelaksanaan pelatihan ini di ikuti dari 5 kecamatan yaitu,kecamatan Manonjaya, Gunungtanjung ,Cineam, Karang Jaya dan Jatiwaras.

Karena, seperti di ketahui relawan bencana adalah garda terdepan dalam mengevakuasi bencana bersama masyarakat.

“kami melaksanakan pelatihan ini untuk mengantisipasi hal tersebut Kami sudah mencatat di BPBD Kabupaten Tasikmalaya ada sekitar 2000 relawan bencana,”ucapnya.

Ketua Pelaksana (kalak) BPBD Kabupaten Tasikmalaya H.Nuraididin menjelaskan, Kabupaten Tasikmalaya resiko bencana peringkat kedua di Indonesia. Oleh karena itu, sesuai dengan instruksi dari Provinsi harus mengadakan kesiapan pelatihan sebagai jaga-jaga.

“kami pertama silaturahmi dan memberikan wawasan kepada rekan-rekan relawan, sekaligus sebagai agent bagi kami untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Karena yang hadir bukan saja relawan tetapi para tokoh masyarakat,” ucapnya.

Selanjutnya, “saya berharap masyarakat lebih waspada serta mengerti tentang bagaimana ketika terjadi bencana, apa yang harus dilakukan,” ucapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Tasikmalaya Ade Sugianto yang telah memberikan kepercayaan kepada BPBD untuk melakukan pelatihan-pelatihan tersebut.

Camat Manonjaya Kadir S.Sos mengatakan, “saya bangga terhadap seluruh relawan dari perwakilan lima Kecamatan yang mengikuti kegiatan pelatihan kesiapan dan mitigasi bencana,” tuturnya.

Kadir menambahkan, ini adalah salah satu bentuk kepedulian pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya.

Berharap semoga kegiatan pelatihan kesiapan pencegahan mitigasi penanggulangan bencana bisa menghasilkan para relawan yang bisa mengedukasikan di lingkungan masyarakat,” pungkasnya.***

Jurnalis: Heni Nurhaeni

Tinggalkan Balasan