81 views
Aksi Terpuji Anggota TNI di Pangandaran Yang Pakaikan Busana Untuk ODGJ Tuai Banyak Pujian

Aksi Terpuji Anggota TNI di Pangandaran Yang Pakaikan Busana Untuk ODGJ Tuai Banyak Pujian

Mediacyberbhayangkara.Com

Pangandaran, Jabar — Viral di Sosial media sebuah video yang memperlihatkan aksi terpuji dari seorang anggota TNI di Pangandaran Jawa Barat yang memakaikan pakaian pada Orang Dalam Gangguan Jiwa (Odgj).

Aksi terpuji dari Babinsa tersebut terekam oleh kamera warga setempat nampak terlihat anggota TNI itu dengan tulus memakaikan busana pada Odgj yang telanjang pada Sabtu (3/9/) belum lama ini.

Diketahui bahwa anggota TNI tersebut berasal dari Koramil 1320/ Pangandaran Kodim 0613 Ciamis rasa kemanusiaan yang begitu tinggi dimiliki oleh Sertu Hadiyanto.

Bahkan terlihat dalam video, Sertu Hadiyanto sampai rela mengejar Odgj itu agar tubuhnya tertutup busana karena terlihat Odgj tersebut setengah telanjang.

Hadiyanto menilai bahwa Odgj sama seperti kita yakni manusia, kita sebagai orang yang waras harus bisa memperhatikannya. Menurut pengakuannya tindakan tersebut dilakukan secara spontan.

Sebelumnya Sertu Hadiyanto mengaku bahwa sempat menemui Odgj itu dan sudah memakaikan celana untuknya tapi dilepas kembali. Lalu dia kembali lagi mencari Odgj itu dan mengejarnya untuk memakaikan celana.

Selain memakaikan celana Hadiyanto juga memberikan Odgj tersebut makan dan dia berpesan sebagai manusia kita harus perduli sama Odgj karena mereka (Odgj) juga tidak menginginkan nasib seperti itu.

Sementara Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi saat diwawancarai media Cyberbhayangkara.Com melalui sambungan selulernya, Selasa(5/9) mengatakan.
Bahwa benar Sertu Hadiyanto merupakan anggota TNI Kodim 0613/ Ciamis yang bertugas di wilayah Koramil 1320/Pangandaran.

Apa yang dilakukan Hadiyanto kata Dandim, merupakan perbuatan yang positif dan mulya.

“Sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bhabinsa Sertu Hadiyanto,” ujarnya.

Lanjut Dandim menuturkan, merupakan ahlak mulya bagi siapapun yang berbuat baik kepada sesama.
Kendati ODGJ, pada hakikatnya diapun merupakan cipataan sang pencipta Allah SWT

” Dimana kita harus saling bahu membahu dalam tolong menolong untuk berbuat kebaikan tanpa memandang ras, suku, latar dan golongan,” tuturnya.

Dandim menambahkan, semoga apa yang dilakukan oleh Sertu Hadianto menjadi amal baik baginya dan menjadi conto bagi anggota TNI lainnya husus bagi anggota Kodim 0613/Ciamis dan juga masyarakat di Ciamis, Kota Banjar dan Pangandaran yaitu dalam membantu orang lain serta berbuat baik terhadap sesama.

“Berbuat baik terhadap sesama yang membutuhkan merupakan ahlak mulya dan nilai ibadah yang tinggi derajatnya dihadapan sang pencipta Allah SWT,” tandasnya.

Muhamad Rifai

Tinggalkan Balasan