RPJPD Kabupaten Ciamis 2025-2045 Fokus pada Pembangunan Berkelanjutan

RPJPD Kabupaten Ciamis 2025-2045 Fokus pada Pembangunan Berkelanjutan

Mediacyberbhayangkara.Com

CIAMIS, JABAR – Penjabat (Pj) Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, menghadiri rapat paripurna DPRD yang berlangsung di Aula Tumenggung Wiradikusumah DPRD Ciamis pada Jumat (14/06/2024).

Agenda dalam rapat paripurna tersebut adalah penjelasan Pj Bupati Ciamis mengenai Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Ciamis tahun 2025-2045.

Rapat paripurna ini juga dirangkaikan dengan penyampaian Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ciamis tahun 2023. Kedua agenda tersebut sangat krusial dalam konteks perencanaan dan pertanggungjawaban pemerintah daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati menjelaskan bahwa RPJPD ini dirancang dengan fokus utama pada pembangunan berkelanjutan, mencakup berbagai aspek penting untuk masa depan Kabupaten Ciamis.

“RPJPD Kabupaten Ciamis 2025-2045 merupakan hasil dari proses panjang yang melibatkan berbagai pihak, termasuk masyarakat umum, perangkat daerah, dan forum-forum konsultasi publik,” ucapnya.

Dimulai sejak tahun 2023, penyusunan RPJPD ini mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mempertimbangkan identifikasi permasalahan dan isu strategis di tingkat global, nasional, dan regional.

Beliau mengungkapkan salah satu poin penting dalam RPJPD ini adalah proyeksi terkait demografi penduduk dan kebutuhan sarana prasarana publik hingga tahun 2045.

“Dokumen ini tidak hanya sebagai panduan untuk pembangunan infrastruktur, tetapi juga sebagai landasan kebijakan yang akan mempengaruhi setiap periode jangka menengah hingga tahun 2045,” Ujarnya.

Dijelaskannya, RPJPD Kabupaten Ciamis tahun 2025-2045 dirancang untuk menciptakan kondisi pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif bagi masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Hal ini mencakup 6 isu strategis yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia, pemerataan ekonomi, pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan, serta penerapan teknologi dan inovasi dalam tata kelola pemerintahan,” ungkap Pj Bupati dalam sambutannya.

Tak hanya itu, RPJPD juga menetapkan target-target indikator sasaran fisik dan utama pembangunan yang harus dicapai pada tahun 2045.

Hal ini mencerminkan komitmen Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk terus bergerak maju dalam membangun infrastruktur yang berdaya guna dan ramah lingkungan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

Rapat paripurna ini juga menjadi momen penting dalam menunjukkan transparansi dan akuntabilitas Pemerintah Kabupaten Ciamis terhadap rencana pembangunan jangka panjangnya.

“Dengan adanya partisipasi aktif dari berbagai pihak, diharapkan RPJPD Kabupaten Ciamis 2025-2045 dapat menjadi tonggak awal menuju kemajuan yang berkelanjutan dan berdaya saing di tingkat lokal maupun regional,” Pungkas Pj Bupati.***

Jurnalis: Muhamad Rifa’i

Tinggalkan Balasan