Kapolres Ciamis Hadiri Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke 116 Tingkat Kabupaten Ciamis

Kapolres Ciamis Hadiri Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke 116 Tingkat Kabupaten Ciamis

Mediacyberbhayangkara.Com

CIAMIS, JABAR ~ Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Akmal SH., S.I.K., M.H., menghadiri upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024 tingkat Kabupaten Ciamis. Upacara ini berlangsung di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (20/5/2024).

Upacara itu dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Ciamis Engkos Sutisna dan dihadiri oleh ratusan personel gabungan instansi dan lembaga di wilayah Kabupaten Ciamis. Salah satunya yakni jajaran Polres Ciamis Polda Jabar.

Tak sendiri, Kapolres Ciamis Polda Jabar juga turut hadir bersama unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis. Seperti Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Agama.

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Akmal SH., S.I.K., M.H., mengatakan, kehadirannya sebagai bentuk sinergitas Polri dengan Pemerintah dan instansi terkait dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024.

“Ini juga sebagai bentuk upaya Polri dalam meningkatkan sinergitas bersama pemerintah,” ujar AKBP Akmal.

Momen Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024, Kapolres Ciamis Polda Jabar menuturkan, Peringatan ini berkaitan erat dengan berdirinya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 yang didirikan oleh DR. Soetomo dan para mahasiswa Stovia. Kejadian tersebut sebagai cikal bakal semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru,” kata AKBP Akmal.

Melalui momentum ini, Kapolres Ciamis Polda Jabar mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis untuk memupuk semangat persatuan dan kesatuan serta kesadaran bangsa indonesia bangkit mengisi kemerdekaan. Yang menyatukan seluruh kekuatan sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi dan etika berbangsa dan bernegara menuju Indonesia emas, sebagai upaya mewujudkan bangsa Indonesia maju, sesuai temanya yaitu ‘bangkit untuk Indonesia emas’,” kata AKBP Akmal.***

Jurnalis: Muhamad Rifa’i

Tinggalkan Balasan